28
Mar
07

Multi Level Marketing

Mengapa istilah ini sangat begitu tabu dan mempunyai konotasi yg buruk di masyarakat Indonesia? Selalu juga jika kita bertemu dengan org2 yg menjalankan bisnis MLM ini rasanya alergi dan cepat2 pengen menolak mereka?
Jika dilihat mengapa juga banyak org berhasil dalam MLM, jika memang itu suatu bisnis yg tidak baik?

Padahal sudah banyak dipaparkan di buku2 bahwa semua bisnis jika mau berhasil harus membangun suatu network. Jika dia hanya berdiri sendiri ya omzet yg didapat pun terbatas.
Beda jika bisa membangun network maka itu omzet akan bertambah.

Jika mau lihat contoh bisa dibandingkan jika kita punya toko kelontong dibandingkan dengan Carrefour. Jika masih kurang ngerti bisa kontak akuπŸ™‚

Dulu aku sendiri termasuk org yg sangat teramat menolak dengan sistem multi level marketing dengan berbagai alasan spt :
1. Itu hanya menguntungkan pihak atas
2. Menipu
3. Jika kita mulai dari dulu masih bisa berkesempatan untuk maju
4. Kita tidak ada waktu dan tidak punya banyak koneksi
5. Dsb dengan segudang alasan…

Jika kita sudah punya alasan pasti punya anak alasan, setelah itu pasti punya cucu alasan dan sampai cicit alasan..πŸ™‚ utk menolak suatu sistem Multi Level yg padahal kita belum mengetahuinya dan apakah kita tau bagaimana cara yg benar multi level marketing itu spt apa? Sistemnya spt apa?
Kita hanya tau sebatas cari org dan jadi downline dsb.
Itu bisa dibilang kita belum mengetahui apa2. Sama spt aku akhirnya coba untuk menggali lebih dalam dan ternyata semua persepsi aku selama ini salah banget soal multi level marketing.
Sebenarnya istilah downline sudah minus duluan krn dianggap bahwa downline bekerja untuk upline namun sebenarnya bahwa lebih tepat disebut business partner krn di MLM murni siapa yg bekerja dia yg akan mendapatkan hasilnya sedangkan jika upline tidak kerja tidak akan mendapatkan hasil apapun. Oleh krn itu sangat memungkinkan jika downline mempunyai penghasilan lebih besar dari upline2 nya..

Banyak org juga ribut soal sistem MLM adalah sistem piramid namun jika dilihat bukanlah sistem piramid krn kembali lagi siapapun yg mau bekerja keras akan mendapatkan hasil yg setimpal dan dapat melebihi jaringan diatasnya.
Sistem piramid dapat dilihat di sistem MLM money game krn rekan kerja yg bekerja keras tetap saja upline nya yg kaya dan tidak mungkin downline bisa mengalahkan upline nya.
Sistem piramid juga tanpa kita sadari terjadi di tempat kerja kita masing2…kenapa? Sekeras apapun yg kita kerjakan tetap saja toh hasil per bulan tetap segitu dan yg lebih kaya adalah our big boss kan..(berbeda dengan bidang marketing yg mendapatkan komisi dan bonus lebih).
Nah jika kita bisa bekerja keras untuk membuat bos (org lain) kaya kenapa kita sendiri tidak memaksa atau berusaha keras untuk memperkaya kita sendiri dengan peluang yg ada??

Memang tidak semua bisnis MLM itu baik krn harus liat perusahaan dahulu dan produk yg ada.
Namun jika produk nya bagus sekali sudah pasti sistem bisnisnya pun pasti bagus dong..
Dan kita juga harus membedakan krn MLM ini ada tipe yg bersifat money game dimana bisa disimpulkan jika MLM money game tidak akan bertahan lama dan pasti akan hilang.

Sekarang jika kita punya pikiran jika kita mengikuti MLM hanya menguntungkan pihak upline alias atas2 kita?
Setiap bisnis apapun di dunia ini pasti bersifat saling menguntungkan tidak ada yg tidak saling menguntungkan.
Kenapa begitu? pasti lah…sekarang kita seorang penjual rokok eceran, dimana kita membeli dari distributor rokok (yg pasti kita beli kan menguntungkan distributor) kemudian distributor membeli dari pabrik rokok (yg menguntungkan juga pihak pabrik rokok) dan pihak pabrik rokok membeli bahan / cengkeh dsb dari petani dst..

Jadi kalo dilihat kan itu sama saja prinsipnya dengan spt multi level marketing. Dan jgn kita memikirkan pihak atas tapi kita sebagai top of own business itu harus bergerak dan berusaha bagaimana untuk memperluas / membangun kerajaan bisnis kita.

Aku masih bingung krn akhir2 ini aku mengikuti beberapa seminar mengenai bisnis ini yg mana pembicara2 atau kumpulan dari bisnis tsb adalah merupakan org2 yg sudah berhasil dalam karir dan pekerjaan mereka yg mana penghasilan mereka tidak main2 sampe 20jt bahkan 30jt per bulan.

Ada satu pertanyaan dari aku, mengapa org2 tsb malah resign dari pekerjaan mereka dan melanjutkan bisnis di High Desert?
Ketika aku tanya beberapa org dari mereka tsb krn mereka ingin memperbesar nilai penghasilan mereka krn dengan gaji mereka yg sudah 20-30jt per bulan masih tidak cukup dan penghasilan dari gaji itu statis tidak bisa dinamis.
Memang dalam menjalankan bisnis ini pertama-tama dilakukan sebagai side job namun krn keuletan mereka menjalankan bisnis ini penghasilan dari side job melebihi berkali2 dari penghasilan mainjob mereka, karena itu mereka resign dari pekerjaan mereka.

Dengan modal yg bisa dibilang murah, sudah bisa ber bisnis mencari tambahan disamping penghasilan dari main job. Selain itu training dari mentor2 gratis diberikan. Tinggal diri kita sendiri mau berubah untuk mengubah kehidupan kita atau tidak?
Jika kita ingin membangun bisnis konvensional berapa modal yg dibutuhkan? Coba deh hitung jika kita mau buka usaha kecil dulu dengan mulai jadi tukang mie bakso. Mulai lah hitung modal kita mulai dari gerobak, bahan, dsb..Pernah aku hitung kira2 sekitar 7 – 10 jtan…
Apalagi membangun suatu usaha lain yg harus keluar biaya dari kontrak tempat dsb akan butuh modal yg sangat besar.

Masalahnya tinggal dari diri kita mau tidak kita meluangkan diri dan waktu untuk lembur setiap hari membangun bisnis kita sendiri? Bagaimana dengan segala impian kita, apakah dengan gaji yg kita dptkan tiap bulan bisa mewujudkan semua impian2 tsb?
Contoh Pak Yulianto Eka Putra, dulu beliau seorang karyawan bank yg kerja dari jam 8 pagi sampe 8 malam namun krn tekad beliau untuk membangun bisnis setiap hari lembur sampai jam 12 ato 1 subuh dengan tidur 4 jam sehari.
Dan hasilnya setelah 12 thn dengan ulet menjalankan bisnis tsb, beliau sudah bisa membangun kerajaan bisnis sendiri dengan penghasilan passive income 800jt per bulan dalam usia yg masih relatif muda 35 thn sudah jadi miliarder!

Pertanyaannya apakah jika kita bekerja dengan suatu perusahaan apakah bisa dengan kenaikan gaji, bonus dan komisi tsb sampai kita pensiun bisa menghasilkan spt itu apalagi bisa mendapatkan passive income? Jawabannya TIDAK ada perusahaan yg spt itu sekalipun kita sudah bekerja puluhan tahun tetap saja pensiun ya udh tidak ada passive income lah…
Kita pun tidak akan selamanya kerja terus ikut org krn pada dasarnya setiap manusia pasti ingin memiliki bisnis sendiri dibanding bekerja pada org lain. Nah sekarang lah saatnya kita memikirkan dan berencana membangun bisnis dari sistem yg sudah ada.
Jika kita memang memiliki modal kuat untuk membangun bisnis lain atau membeli sistem jaringan spt McD, Kentucky, otomotif dsb..bersyukurlah krn tidak setiap org bisa memiliki modal kuat spt itu.


8 Responses to “Multi Level Marketing”


  1. 1 heri
    March 28, 2007 at 5:23 pm

    He..he.. luar biasa! Sudah mulai paham rupanya ya….
    Ikuti terus training2nya krn sekarang hampir semua bisnis konvensional banyak yang meniru pelatihan2 yang ada di multilevel marketing. Bahkan sekarang di Amerika sono multilevel marketing sudah di perguruan tinggi: di Utah Valley State College dan Stanford University sudah ada jurusan manajemen multi level marketing, dan bahkan di Chicago University dan Southern University jurusan multilevel marketing sudah setara S2/ MBA.

  2. April 13, 2007 at 3:30 pm

    dimana ada kemauan disitu ada jalan. ok.
    http://www.revell-ku.com

  3. 3 irfan
    June 24, 2007 at 1:52 pm

    hai, salam kenal.
    saya tertarik dengan penjelasannya tentang MLM. btw, ini siapa ya? gimana caranya tahu profile anda? trims

    Scuderia said :
    Hi, salam kenal juga pak…
    Sudah saya japri yah..Thanks..

  4. July 26, 2007 at 11:17 am

    MOBILITAS PENGGUNA VOIP & PELUANG BISNIS VOIP !!!

    Perkenalkan, Saya Benny Wicaksono.

    Saya marketing dari Quest Technologies Ltd. bergerak dalam bidang Telekomunikasi khususnya VoIP (Voice over Internet Protocol) telah mendapat sertifikat ISO 9001:2000. Memanfaatkan teknologi milik kita sendiri mulai dari Hardware, Jasa Provider, hingga Infrastruktur Telekomunikasi. Memberikan kemudahan serta mobilitas bagi para pengguna jasa layanan VoIP.

    Tidak hanya dapat digunakan dari Internet ke Internet. Tapi dapat digunakan dari INTERNET KE OPERATOR lain di 220 Negara. Bahkan dapat digunakan TANPA INTERNET yaitu dari Operator ke Operator lain baik melalui Handphone (GSM/CDMA), PSTN (Telefon rumah), PABX (Telefon kantor), FAX, atau Public Phone (Telefon Umum). Tentu dengan tarif yang luar biasa hemat yaitu HEMAT 95% UNTUK SAMBUNGAN LANGSUNG INTERNATIONAL (SLI) dan HEMAT 70% UNTUK SAMBUNGAN LANGSUNG JARAK JAUH (SLJJ).

    Serta memberikan PELUANG BISNIS (FRANCHISE) kepada customernya secara cuma – cuma dengan potensi income sebesar US$250 – US$15,000 / Month. Sistem bisnis yang digunakan adalah Flat Marketing. Hebatnya peluang bisnis ini tidak hanya bergerak dalam bidang Telekomunikasi (VOIP), tapi dalam berbagai bidang bisnis elit lainnya. Seperti : Pariwisata (Resorts & Spa), Perhiasan (Sertifikat B.H Mayermint Germany), Otomotif (Sepeda Motor SUZUKI), Electronic (Digital Camera), Body & Health (Bio Disc).

    HARGA:
    A. 1 PAKET LAYANAN VOIP : Rp. 5,8 Juta. (Informasi lengkap baca Brosur)
    Sudah termasuk : Ongkos Kirim & Peluang Bisnis (Franchise)!
    B. PAKET PARSIAL LAYANAN VOIP : Rp. 2,9 Juta. (Informasi lengkap baca Brosur)
    Sudah termasuk : Ongkos kirim & Peluang Bisnis (Franchise)!

    Important Link:
    LAYANAN VOIP (VOICE OVER INTERNET PROTOCOL)
    Perusahaan : Quest Technologies Ltd. : http://www.qt-ltd.com
    Hardware : Linksys Cisco Inc. : http://www.linksys.com
    Jasa : In-voice : http://www.in-voice.com
    Infrastruktur : QiComm Ltd. : http://www.qicomm.com

    PELUANG BISNIS (FRANCHISE BUSINESS)
    Perusahaan Induk : Quest International Ltd. : http://www.qi-ltd.com
    Marketing : QuestNet Ltd. : http://www.quest.net

    Untuk pembelian, informasi lebih lanjut, atau mendapatkan brosur dapat langsung menghubungi:

    Bpk. Benny Wicaksono (IR ID : HU 096085)
    Hp: 0856.9922.596
    Email: beni_wtc@yahoo.com
    WTC (World Trade Centre)
    Wisma Metropolitan II Lt.11 & 15
    Jl. Jend. Sudirman KAV 29-31
    Jakarta 12920.
    (Meeting by appointment only).

    Warm Regards,
    Benny Wicaksono

  5. September 29, 2007 at 4:03 am

    Heemm ikit nimbrung ah Salam kenal

    Scuderia said :
    Salam kenal juga..πŸ™‚

  6. 6 steven @ Jakarta
    October 30, 2007 at 7:36 pm

    salam kenal bung..
    boleh tahu multi level marketing apa saja yang bagus, teruji dan terjamin, serta secara hasil menguntungkan secara pribadi dan grup?
    juga berapa lama proses dan berapa perkiraan penghasilannya?
    bagi rekan2 yang punya info bisa kirim ke saya di maxim_koala@yahoo.com
    sukses selalu untuk semua rekan2!

  7. 7 enik
    December 13, 2007 at 4:56 pm

    saya ingin ikut MLM,tp saya bingung,bagai mn cara memilih MLM yang bagus?? saya minta saranny dan solusi dari anda.terimakasih.

  8. 8 agus yana
    September 23, 2008 at 4:42 pm

    Perlu dipikirkan juga tentang status halal tidaknya usaha MLM itu. apalagi quest net yang dalam pelaksanaannya tidak menjual produk hanya merekrut orang. Kita hidup bukan hanya di dunia saja tetapi lebih utama adalah akhirat. Bagaimana anda akan mempertanggungjawabkan harta yang anda dapat sementara dalil tentang usaha yang anda ikuti anda tidak tahu. dunia anda paling lama 70 – 80 tahun saja, sementara akhirat anda …..? itu pun kalau masih yakin dengan akhirat… Hati – hati cari duit


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: