21
Feb
07

REM NgeLOCK –> Ban Ga Bisa Muter

Akhirnya mengalami juga nih soal ban ga bisa muter krn ke lock oleh rem.
Sebelumnya awal2 musim hujan rame banget soal ban ga mau muter gara2 terkunci rem di salah satu milis otomotif yg aku ikuti.
Banyak org mengalami hal ini (bukan mogok) karena rem yg ngunci roda tsb sehingga ke kantor pada telat krn jadi montir jadi-jadian dulu dengan pakaian formil sementara kerjaan penuh kotor dan banyak tanah debu…

Gara2nya adalah roda mobil yg terkena air terus menerus ato melewati genangan air membuat rem menjadi basah tanpa ada pemanasan dan pengeringan rem tapi langsung ditaro semaleman dengan kondisi handbrake ditarik dan akhirnya tuh rem nempel alias ngunci roda dan solusinya jika sudah parah harus bongkar ban dan bongkar pasang remnya lagi sambil dibersihkan dan diamplas sedikit baru deh bisa jalan lagi normal.

Sebenarnya utk pemakaian dalam kota seperti di Bandung harusnya tidak terlalu masalah krn aku tidak pernah mengalami hal ini selama bertahun2 pakai mobil sekalipun hujan besar dan lewat genangan air juga tapi aku kepikir berhubung kemarin lewat jalan tol cipularang dengan kecepatan lebih cepat dibanding di kota dan hujan selalu nonstop dari pergi sampe nyampe di rumah alhasil aku lupa masih narik rem tangan dengan kondisi rem masih basah.

Dulu waktu sebelum gaul dekat dengan tol cipularang, pemakaian hanya biasa di kota saja dan aku pun pernah ngalamin cuma sekali soal ban spt ini mau dimajuin ato dimundurin agak keras namun dulu pernah sekali dgn hentakan pelan aja dari mesin, si rem udh ngebuka juga dan bisa jalan lagi ga separah kejadian pagi ini sampe harus bongkar2 segala.
Kalo aku ingat saat itu malamnya hujan dan malam itu pula aku cuci mobil dengan semprotan krn ga tahan liat kotoran tanah yg nempel di body dan kolong mobil.

Kebetulan juga selama 2 hari ini mobil diistirahatkan baru hari ini mau aktif lagi eh….ternyata salah satu ban kekunci oleh remnya dan lebih parah dari sebelumnya.
Dan kali ini dari tadi sampe dipaksa2 tetep tuh ban masih ga mau muter terus ngelock sampe org lain ngeri ngeliatnya teriak2 bilang,”Pak..Pak.., eta ban teu muter!!”
Aku jawab,” Iya bener Pak..nuhun, saya sengaja rada maksa maju mundur sebelum bongkar ban krn dulu berhasil.”
Tapi ga berhasil2 juga udh maju mundur dengan hentakan keras juga sampe sempet belok kiri dan kanan, masih ga muter juga…halah..

Jadi terpaksa deh pagi2 bongkar pasang ban belakang sendiri dulu sambil dibersihin…untung ada si Bapak yg jaga, sambil bantu eh, akhirnya dia yg sukarela pengen ngerjain hahaha…akhirnya aku kasih uang tips aja…thank you Pak…

Tapi berhubung setelan rem jadi kurang enak setelah normal akhirnya aku putuskan cuti setengah hari krn udh telat dan kepalang tanggung mau pergi ke beres untuk service semua rem sekalian kuras ganti oli rem mobilnya…pagi2 udh jajan nih ke bengkel hiks😦

Untung udh ikutan milis jadi ga panik kenapa nih ban ga mau muter hahaha…
Thanks buat rekan-rekan semua yg sudah share segala problemnya di milis…🙂


2 Responses to “REM NgeLOCK –> Ban Ga Bisa Muter”


  1. August 7, 2008 at 4:13 pm

    dua hari se kepunya an mobil secound daihatsu zebra 1990 1.3 jalan dari bogor ke pasar minggu di margonda asya mengalami rem gak balik alias roda depan kanan rem nya ngelock, langsung gelagepan dan di tanya polisi , kenapa pak … gak bisa muter niy ban depan . sampe overheat suhu mesin mobil nya , wah akhir nya di tolong sama tukang velg mobil di pinggir jalan , berbekal obeng dan di puter lah puteran untuk mengatur kekencangan rem di dalam dop penutup teromol bagian belakang ban , selamettttttttttt , wah , semoga ini jadi pelajaran yang berharga , terus terang sampe saat ini aku juga gak tau kalo mungkin di kemudian hari akan mengalami hal serupa harus bagaimana … hm ….. pasrahhhhhh

  2. 2 Awam
    August 13, 2010 at 7:48 am

    Pa gmn cara bongkar rem mobil honda jazz makasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: