14
Feb
07

LAPTOP JUGA BAGAI MANUSIA

Istilah itu sangat tepat bagi org yg seringkali tidak bisa menerima laptopnya rusak.
Hari ini dengan customer yg sama pula spt dulu dimana dia tidak bisa membedakan garansi dan asuransi kembali ke kantor aku..
Dan hari ini dia datang bersama ibunya dan terjadilah pertanyaan yg menurut aku dari biasa sampe konyol juga..halah…

Ibu Customer (IC) : Mas, kenapa sih kok laptopnya cepat rusak?

Aku : Bu, mau merk dan tipe apapun barang elektronik apapun tidak mungkin tidak ada yg tidak rusak. Dalam arti jika memang tidak akan rusak kan tidak perlu ada nya bagian Service Authorized dan Warranty? Barang elektronik kerusakannya sulit dideteksi bisa dari tegangan listrik yg tidak stabil, petir dsb.

IC : Wah harusnya engga lah krn kan itu barang mahal harganya sekitar 12 juta lebih.

Aku : Sebenarnya harga tidak mempengaruhi suatu barang tidak akan rusak. Jujur saja Bu, ini saya perlihatkan ya tanda terima Service Center Receipt kami kebetulan saya ada handle beberapa service an merk laptop lain yg belum setahun sudah rusak juga dengan kerusakan yg varian. Dan salah satunya ada laptop paling mahal yg harganya 25 jt ini baru dipakai 3 bulan sudah lebih parah rusaknya daripada kerusakan yg dialami oleh anak Ibu toh..
Sama spt Ibu mampu beli mobil yg seharga 5 m, apakah dijamin tidak akan rusak?

IC : (Masih tidak mudeng persis spt anaknya, aku ga ngerti apakah terlalu pintar ato pinpinbo (pintar pintar bodoh) gitu?) Wah tp tetap tidak masuk akal kok bisa secepat itu ada kerusakan?

Customer : Mas, bisa dijamin ga nih udh diganti dengan yg baru untuk ke depan tidak ada kerusakan lainnya ?

Aku : (Dalam hati weleh..weleh ieu budak…!) Mas, saya ga bisa jamin yg penting selama dalam cover warranty setiap ada masalah silakan bawa kesini dan yg terpenting part ini sudah 100% tested from factory is ok!
Kenapa saya ga bisa jamin contoh kita sakit terus kita ke dokter dan kita tanya ke dokter bisa ga ke depan dokter jamin saya tidak sakit lagi ato sakit yg lainnya??
Contoh lainnya kita ini manusia apakah kita bisa nentuin besok masih hidup / sakit / apa yg terjadi ke depan? Apalg ini barang mati yg dipake oleh kita, umumnya memang mesin dirancang kerja 24 jam tapi tergantung tipe mesin juga sekalipun begitu suatu saat suka ada problem juga lah tidak bisa dipastikan. (males jelasinnya)

Itulah cuplikan sedikit dari pertanyaan2 dan apa yg terjadi di sore hari di kantor aku yg ternyata setelah diselidiki oleh team bhw kerusakan bukan di hardware tp di setting software firewallnya…halah..sesudahnya si anak nanya lagi..

Anak : Kok security bisa rumit begitu ya?

Team : Ya pastilah rumit namanya juga SECURITY kalo ga rumit ya bukan SECURITY kan?

Kenapa aku sering ambil contoh lain krn pertamanya diterangkan secara teknis, mereka lebih ga mudeng bahkan dengan logika gampang spt itu pun masih ga mudeng juga..weleh weleh…
Aku coba bandingkan dengan menceritakan masalah ini ke bagian umum kantor aku, yg sama sekali tidak ngerti komputer malah dia lebih mudeng…..tanya kenapa….

Ada kisah lain juga mengenai pengalaman salah seorang temanku silakan klik PETIR KOK MAU DILAWAN…!


6 Responses to “LAPTOP JUGA BAGAI MANUSIA”


  1. 1 markum
    February 15, 2007 at 2:06 pm

    kacau pisan atuuhh si ibu jeung anak teh…
    resiko atuuuh namanya juga beli barang…ga harus bener terus…walaupun mahal…
    aku juga pernah beli tv 29 inch baru seminggu mati gambarnya…teknisi bilang maaf ada kerusakan dari ic nya…
    tuh kan sama..namanya barang buatan manusia…ada 1% kegagalan mah…dan yang satu persen itu kebetulan didapat atau kena kita…heheheheehehe sadar dong…

  2. 2 markum
    February 15, 2007 at 2:08 pm

    nuhun masi dapet garansi kalo masi ada!!!!
    kalo uda lewat masa garansi yaa..udah..terima aje..gituloh…cucian delon….

  3. February 15, 2007 at 4:56 pm

    Markum, seneng deh dpt customer spt kamu hahaha..
    Aku sendiri jujur aja paling ga suka kalo ada barang2 yg rusak kan kasian customer2 dan sedapat mungkin pengen aku perbaiki dan berharap ke depan tidak ada masalah lagi..
    Tapi ya itu aku bukan dukun per laptop an makanya ga bisa nentuin..
    Halah cucian delon…ngakak abezz nih…

  4. February 16, 2007 at 1:09 pm

    Dicari: Laptop murah anti rusak dan anti maling ! Tahan banting pula ! Lebih bagus lagi kalo bisa awet seumur hidup !

    Hahahahahaaa……

    Kasian bener para design engineer, dituntut bikin barang elektronik yang anti rusak, segimana pun cara pakai usernya.

  5. February 16, 2007 at 2:36 pm

    Hahahaha…Thya, bener lho penasaran kalo memang ada laptop didesign perfect spt itu apakah si customer ini tidak ada soal complain yg lain lagi..
    O ya, satu lagi laptop itu harus waterproof siapa tau customer mau pake sambil berenang di dalam air kaleee..
    Tapi tetep aja aku curiga sptnya masih ada hal lain juga si customer ini bakal complain sekalipun laptop ini udh most perfect design hahahaha….

  6. 6 she
    April 19, 2008 at 8:03 am

    kalo gue perhatiin ne, kayaknya mang tu costumer bawel bgt ye..
    secara dah di jelasin masih bawel aja.. ngeyel pula.
    kalo emang ada laptop yang anti rusak, waterproof, tahan banting, garansi seumur hidup, security ok tp gak rumit, pokoknya perfect abis dech, jangankan 12jt, seharga mobil juga gue mau..!!
    huehehe,,


Leave a Reply

