28
Jan
07

Propolis..apakah itu?

Propolis berasal dari bahasa Yunani yaitu pro (sebelum) dan polis (kota) merupakan substansi resin yg berasal dari kulit kayu dan pucuk-pucuk tanaman, terutama tanaman poplar yg dikumpulkan oleh lebah perawat dan kemudian dicampur dengan lilin (wax) dan air liur lebah. Propolis digunakan untuk melindungi pintu masuk sarang lebah yg mana akan menstrilkan setiap lebah yg masuk. Selain itu propolis digunakan untuk memperbaiki sarang lebah yg retak atau rusak. Karena lebah tidak memiliki sistem imunitas maka mereka sangat tergantung pada propolis dalam melindungi koloninya melawan penyakit. Propolis memiliki sistem perlindungan yg baik, oleh karena itu lebah dapat bertahan selama lebih dari 45 juta tahun.

Ada suatu kenyataan yg menakjubkan!
Lebah menggunakan propolis untuk memumikan mangsanya! Apabila terdapat hewan penyusup yg memasuki sarang lebah seperti tawon atau tikus maka mereka akan disengat hingga mati.
Dan apabila penyusup terlalu berat untuk dipindahkan maka lebah akan langsung melapisinya dengan propolis sehingga kondisi steril dari sarang lebah tetap terjaga.
Pada kenyataannya, tikus yg terjerat di dalam sarang lebah, ditemukan tetap berada pada kondisi yg sama setelah lima tahun dimumikan!

Continue to Bee Propolis..


0 Responses to “Propolis..apakah itu?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: