11
Jan
07

Customer adalah Raja..tapi tidak semua Raja itu BIJAKSANA..!

Istilah tamu adalah raja adalah tepat krn dari sisi tamu / customer memberikan pemasukan bagi suatu perusahaan baik bergerak di bidang retail, service dan lainnya..
Saya adalah salah satu org yg tidak setuju dengan peraturan di hotel / restaurant yg berbunyi bahwa :
1. Customer adalah Raja
2. Jika customer melakukan kesalahan balik lagi ke peraturan no.1

Jadi seakan2 apapun kesalahan tamu yg nanggung salah harus kita!..
Wah enak bener..sebenernya hukum alamnya jika org mau dihargai ato dihormati silakan hormati dan hargai dulu org lain tanpa memandang jabatan, status, ras dll deh..
Customer memang raja tp jika raja itu licik dan tidak bijaksana mana ada yg mau mengikuti ato menghargai?

Saya kerja di bagian service..dan saya temui banyak sekali “raja-raja” ini sangat tidak bijaksana..dimana pekerjaan service menumpuk dan dia di urutan terakhir pengen minta di nomor satukan..!
Satu statement dari saya TIDAK BISA krn semua pun dalam antrian dan punya kepentingan dan hak yg sama tidak peduli punya BOS suatu perusahaan, professional, mahasiswa dll..pokoknya sesuai antrian..dan semua dilihat per kasus..ya kalo problem ringan tidak masalah saya kerjakan sekarang..
Semua customer saya adalah statusnya istimewa bagi saya..
Kebanyakan dari “raja-raja” ini masih tidak bisa terima alasan saya..Nah kalo saya balikkin bayangin jika anda berada dalam antrian tiba2 ada org yg menyela antrian anda apa perasaan anda?
Anda tersenyum dan bilang “monggo” aja atau anda dongkol??

Customer adalah raja tp hanya sebutan bukan asli raja toh..jadi jgn berlagak terlalu raja deh..
Saya sendiri pun adalah customer di beberapa perusahaan, restaurant dan toko namun dikala jadi customer saya berusaha mengerti dan menghargai pelayanan yg dilakukan oleh mereka2 ini..

Banyak juga “pelayan-pelayan raja” yg kerjanya juga tidak becus sehingga membuat “raja-raja” berang dan marah..
Hendaknya setiap org mengoreksi dirinya dahulu sebelum mengoreksi org lain, menghargai dan menghormati org lain dahulu sebelum mengharapkan org lain menghormati dan menghargai anda sendiri..


0 Responses to “Customer adalah Raja..tapi tidak semua Raja itu BIJAKSANA..!”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

