11
Dec
06

Pengendara Motor Tidak Pakai Lampu di Malam Hari? Tanya kenapa..

Banyak kejadian yang terjadi di berita2 mengenai kecelakaan kendaaran motor khususnya sepeda motor yg dikarenakan krn pengendara motor (biker) tidak memasang lampu terutama pada malam hari.
Semula saya tidak terlalu memperhatikan akan kejadian itu sekalipun saya sendiri pun sering melihat di malam hari ketika keluar malam selalu ada biker yg tidak menyalakan lampu motornya.
Malam ini ketika saya akan pulang dari kantor menuju rumah dimana hari sudah gelap sekitar jam 7an, saya melewati jalan potong yg kecil dan berlubang (hanya muat 2 mobil sehingga jika ada mobil yg parkir di sebelah kiri terpaksa mobil harus zigzag bawanya).
Saya lihat di belakang ada sepeda motor normal dan biker tsb menyalakan lampu dan kebetulan di depan saya ada mobil yg diparkir sehingga jalan pun harus zigzag kiri kanan, namun saya tau krn motor lebih cepat dan bisa mendahului mobil di jalanan yg sempit, kemudian saya memberikan jalan dahulu untuk motor yg terlihat tidak sabar dan buru-buru sebelum akhirnya saya harus banting setir ke kanan untuk melewati mobil yg diparkir..
Setelah motor berlampu tsb melewati mobil saya dan ketika saya akan banting setir ke kanan secara perlahan sambil maju ternyata ada motor lagi secara mendadak ingin menyusul saya..padahal sebelumnya saya lihat dari spion tidak ada kendaraan bermotor lagi..
Jujur saja saya merasa kaget dan motor tidak berlampu itu pun kaget dan dengan arogannya merasa dia paling benar, dia berusaha melawan memepet saya lagi..!!
Wuuiihh, nih biker udh tidak pakai lampu dan udh salah krn ga pasang tanda ataupun klakson malah ngerasa paling bener pula..

Saya seorang biker dan juga driver..namun ketika jadi biker dan driver saya akan mematuhi segala peraturan lalu lintas apalagi sekarang mulai diterapkan bahwa harus memasang lampu di siang hari bagi motor untuk menekan angka kecelakaan..

Pertanyaannya ini hobby, tantangan merasa jagoan atau memang lampunya rusak?
Kalo memang hobby saya rasa itu hobby yg salah krn mengundang kecelakaan diri anda dan org lain termasuk pejalan kaki!! Kalo merasa jagoan pun bukan pada tempatnya apakah anda mempunyai mata eveready? Atau telinga seperti kelelawar sekalipun buta namun punya telinga supersonik sehingga tidak akan tertabrak?
Dan jika lampu anda rusak kenapa bukan diganti secepatnya? Apakah harga lampu mahal? Memang relatif harganya contoh saja harga lampu untuk tiger termasuk mahal yg orisinil namun bagi sepeda motor bebek paling cuma puluhan ribu. Kenapa saya bilang Cuma krn jika anda bisa membeli motor tp tidak mampu beli part lampunya lebih baik dijual saja motornya..
Asumsi saya setiap org yg punya motor atau mobil pasti bisa merawat dan punya biaya yg sepadan dengan tunggangannya..

Sekarang jika terjadi kecelakaan disebabkan krn anda tidak memasang lampu di malam hari, siapakah yg salah? Pihak lain yg tidak bisa melihat anda krn tidak menyalakan lampu atau klakson??
Jika lampu anda mati mendadak ya apa boleh buat tp setidaknya cerewet dikit kek pakai klakson anda menandakan bahwa anda itu eksis di jalanan dan selalu baca pedoman buku motor berada lah pada posisi yg bisa dilihat pengendara lain kecuali anda tidak bisa membaca buku..dan jika aki anda soak sehingga klakson pun tidak berfungsi ya tamat aja dan hati2 jgn menyalahkan org atas kejadian yang akan terjadi karena apa yg akan terjadi krn perbuatan anda sendiri toh yg lalai..!!
Ya, finally semoga anda sadar bertingkah laku benar supaya nyawa anda tidak selalu terancam..
Kearoganan seseorang pun akan dilawan suatu saat sama spt tadi kalau anda tidak kabur akan saya lawan juga tidak peduli krn saya pun seorang biker sama spt anda!!
Ingat jika anda ingin dihargai hargai dulu org lain..
Jalanan ini bukan hanya milik sepeda motor atau mobil atau pejalan kaki..semua punya hak yg sama, bung..


4 Responses to “Pengendara Motor Tidak Pakai Lampu di Malam Hari? Tanya kenapa..”


  1. 1 Brian
    September 24, 2007 at 6:19 am

    Kalau bawa mobil and gak sayang cat ya gak apa2 dipepet aja itu sepeda motor tak berlampu. Saya juga pemakai motor yang sering sebal sama motor2 buta di malam hari. Yang biasanya kalo dilihat dari ujung depan sampai belakang gak layak pakai.

  2. 2 Edo
    March 19, 2008 at 10:33 am

    Utk yg satu ini memang menyebalkan. Sy juga biker & driver. Kalo sdh nyungsruk di aspal baru tau rasa. Cuma heran aja, kok polisi kaga menindak biker yg seperti ini. Sekarang driver juga dah ada yg mulai ikut-ikutan…keturunan kucing kali

    Scuderia said :
    Iya bener, kok ga pikir panjang belum lagi nanti kena lubang atau ditabrak motor ato mobil lain malah nyalahin org lain..
    Hahaha..iya keturunan kucing kali ato kelelawar yg cuma pake telinga supersonik kali (mending kalo telinga nya tajam kalo budek…?)🙂

  3. 3 bajajku
    August 10, 2008 at 3:39 am

    Posisi, sikap, dan perilaku anda sama dengan gw, terhadap pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu.

    Sebagai driver dan biker. Dulu dijalan rusak dan gelap naik shogun, ada pengendara tanpa lampu, ( gw matiin jg lampu gw, enak aja loe nebeng terang ). Gw ga nyaman, yang naik motor tanpa lampu, sih enjoy aja.

    Gini aja, biker begini, murahan punya. Emosi dan gengsi tinggi, logika jongkok.
    Orang yang tidak menghargai pribadinya, ga nyampe lah buat mikirin keselamatan bersama.

  4. 4 aku bukan polisi
    September 23, 2008 at 10:42 am

    kalo kita bahas masalah ginian, sebenarnya yang patut dipertanyakan adalah kinerja polisi lalu-lintas, lho sudah jelas kelihatan motor tidak ada lampu, tapi tidak ada yang ditangkap, mungkin pak pol nya gak kelihatan kali ya, karena gak disorot lampu motor…tapi kalo razia perlengkapan motor yang kecil-kecil, kayak tutup pentil ban kok pak polnya keliatan,,padahal tutup pentil ban tidak membahayakan pengguna jalan yang lain…ada juga tuh pengendara motor yang mainan hp, jelas-jelas membahayakan pengguna jalan yang lain, tapi belum ada yang kena tilang tuh, tapi kalo yang dimainkan plat nomor, eee langsung ditilang, meskipun jelas-jelas STNK asli…..wau keren


Leave a Reply

